Jika anda sedang mencari sebuah pekerjaan, tentunya kita perlu yang namanya surat lamara kerja. menulis surat lamaran kerja harus dengan baik. karena surat lamaran kerja yang baik itu menandakan bahwa anda merupakan seorang yang profesional. lalu bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik ? berikut adalah ulasanya.
1. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Dalam menulis surat lamaran kerja, anda diharuskan untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar jika surat lamaran kerja anda berbahasa indonesia. Namun jika perusahaan meminta anda untuk menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, tulislah menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar pula. Jangan ada satu huruf pun yang tertinggal atau salah ejaan. Untuk mengatasinya, sebelum anda print surat lamaran kerja tersebut coba ulangi membaca surat lamaran kerja yang anda buat.
2. Tulis Surat Lamaran Kerja Menggunakan Komputer
Sebisa mungkin usahakan menulis surat lamaran kerja menggunakan komputer. Jangan membeli dari kedai photocopy atau menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Akan tetapi terkadang ada beberapa perusahaan dan biasanya ini perusahaan BUMN (PNS) yang meminta menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, hal ini boleh anda lakukan. Secara psikologis surat lamaran kerja yang ditulis atau diketik dengan komputer terkesan profesional dan mampu menggunakan komputer.
3. Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
Isi surat lamaran kerja usahakan ditulis dengan singkat, yaitu ditulis dalam satu halaman lembar kertas A4. Uraikan informasi yang penting sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selebihnya, jika anda lulus dari seleksi berkas dan berlanjut ke sesi wawancara kerja, nah disini anda dapat menjelaskan siapa dan apa prestasi yang pernah anda raih selama ini.
4. Jangan Menuliskan Berapa Gaji yang Anda Minta
Masalah gaji dalam surat lamaran kerja merupakan hal yang sensitif dan memiliki penilaian tersendiri oleh HRD. Jika perusahaan tidak meminta anda untuk menuliskan gaji yang anda minta, jangan ditulis, begitu pula dengan sebaliknya.
5. Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Memberi tanda tangan pada surat lamaran kerja adalah hal yang penting, karena dengan adanya tanda tangan yang tercantun dalam surat lamaran kerja anda, menginformasikan secara tersira bahwa ini adalah surat formal dan buatan anda. Terkadang membubuhi tanda tangan pada surat lamaran kerja sering terlupakan oleh kita, untuk itu setelah surat lamaran kerja di print segeralah memberi tanda tangan sebagai antisipasi agar anda tidak lupa.
6. Surat Lamaran Kerja Harus Bersih
Jika terdapat kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja setelah di print, jangan hapus penggunakan penghapus pena, karena ini sangat pantang, lebih baik usahakan print kembali surat lamaran kerja anda.